Selasa, 05 Juli 2011

POS KESEHATAN DESA (PKD) NGUDI RAHAYU

Sejak ditetapkanya Desa Kotayasa sebagai desa Siaga pada tahun 2007, Pemerintah Desa Kotayasa menata diri untuk memiliki sebuah Pos Kesehatan Desa sebagai bukti kesiapan Desa Kotayasa sebagai desa siaga.
Pos Kesehatan Desa (PKD) Ngudi Rahayu atau dalam bahasa indonesianya adalah Mencari Keselamatan (dari kata ngudi: mencari dan Rahayu: Keselamatan) merupakan perubahan setatus yang sebelumnya adalah PUSLING wilayah Puskesmas II Sumbang. Seteleh menjadi PKD Ngudi Rahayu kemudian mengalami perehaban pada tahun 2007 dari dana bantuan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan APB Desa.

PKD Ngudi Rahayu sebagai pelayanan kesehatan dasar memilki fasilitas Ruang Periksa Umum satu ruangan, ruang periksa KB/KIA satu ruangan, ruang persalinan satu ruangan dengan 2 tempat tidur, ruang tunggu dengan fasilitas TV dan Hotspot area satu ruangan dan satu ruang medis. Untuk tenaga medis sebanyak 3 orang, terdiri  2 bidan desa yaitu Diah Ayu Puspitaningtyas dan ibu Dewi, dan satu tenaga dari Puskesmas yang dijadwal secara bergilir. Untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, PKD Ngudi Rahayu buka setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan jam 12.00 terkecuali jika ada jadwal POSYANDU maka akan tutup lebih awal yaitu sekitar pukul 09.00 WIB. Khusus untuk persalinan dilayani 24 Jam. Bagi pasien yang tidak mampu PKD Ngudi Rahayu melayani JAMKESMAS,JAMKESDA dan juga JAMPRESAL. untuk pasien yang mampu dikenakan biaya sesuai ketetapan Bupati tentang tarif Puskesmas dengan ditambah Rp.1000,- untuk dana sarana dan prasarana PKD Ngudi Rahayu.

PKD Ngudi Rahayu dalam satu hari rata-rata bisa melayani pasien sebanyak 50 pasien yang berasal dari desa Kotayasa, Limpakuwus, Kemutug Kidul, Kemutug Lor dan Karang Salam. Untuk meningkatkan pelayanan PKD Ngudi Rahayu berencana menambah fasilitas penunjang seperti komputerisasi,ambulan dan juga lainya.

Terhitung mulai bulan Juli 2012, PKD Ngudi Rahayu melayani 24 Jam. Hal ini selain karena pada saat ini ada tenaga kesehatan (Bidan) yang menempat di PKD juga karena bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat, terutama pelayanan persalinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar