Minggu, 17 Februari 2019

Mahasiswa Harap Bawa Perubahan di Kotayasa

Kotayasa – Sejak tanggal 4 Februari 2019 lalu, sebanyak 8 mahasiswa Diploma IV Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II Jurusan Gizi melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) selama 32 hari di Desa Kotayasa, Kecamatan Sumbang.  PKL Manajemen Intervensi Gizi (MIG) ini bertujuan untuk melakukan intervensi gizi dan kesehatan sebagai upaya tindak lanjut pengumpulan data untuk Program Perencanaan Gizi (PPG) yang telah dilaksanakan pada April 2018 lalu. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesehatan masyarakat desa sehingga dapat mengurangi masalah-masalah kesehatan dalam lingkup desa.


Perlu disadari bahwa gizi masih menjadi masalah yang menyebabkan rendahnya kualitas hidup masyarakat, sehingga perlu dijadikan perhatian khusus terutama pada ibu dan anak. Saat ini Indonesia menghadapi beban ganda masalah gizi, yaitu gizi kurang dan gizi lebih. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dirumuskan gerakan 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) yang artinya 270 hari selama kehamilan dan 730 hari dari kelahiran ampai usia 2 tahun yaitu pada ibu hamil, ibu menyusui, dan anak usia 0-23 bulan.

Untuk mewujudkan kualitas hidup masyarakat yang lebih baik tersebut, mahasiswa melakukan beberapa kegiatan, antara lain penyuluhan terkait masalah gizi dan kesehatan, pelatihan untuk Kader Posyandu maupun Poslansia, melakukan praktik Teknologi Tepat Guna (TTG) dengan mengolah suatu produk bahan makanan lokal menjadi produk yang lebih menarik dan bermanfaat dari segi nilai gizi bagi masyarakat, serta melaksanakan program keluarga binaan sesuai dengan intervensi yang telah direncanakan. Selain itu, mahasiswa juga melakukan kegiatan tambahan berupa les private untuk murid Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar,

Terdapat puncak kegiatan PKL ini yaitu berupa pameran gizi yang akan dilaksanakan pada 21 Februari 2019 mendatang di Kantor Kecamatan Sumbang. Adapun rangkaian kegiatan pameran ini antara lain lomba Sumbang Mencari Bakat, Poster Gizi Seimbang, Jalan Sehat, Ranking Satu untuk Kader, dan Isi Piringku. Perlombaan ini diikuti oleh perwakilan dari 19 desa, salah satunya ialah Desa Kotayasa. Dalam upaya mendukung kegiatan ini, mahasiswa melakukan pembinaan pada setiap peserta yang mengikuti lomba tersebut.

Adapun 8 mahasiswa yang mengikuti kegiatan PKL ini antara lain: 
1. Aldiana Mustikaning Henandi
2. Firdaus Kevin Manurung
3. Gita Kurniasih
4. Hijriati Fajarini Hanifa
5. Husnul Khatimah
6. Irma Uswatun Hasanah
7. Sitta Nur Fadillah
8. Sonya Esther


Tidak ada komentar:

Posting Komentar