Minggu, 24 Februari 2019

PAMERAN GIZI DAN KESEHATAN SUMBANG 2019


Kotayasa, 21 Februari 2019
Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Jakarta II telah melakukan Pameran Gizi dan Kesehatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 21 Februari 2019 yang berlokasi di Kantor Kecamatan Sumbang. Adapun rangkaian acara yang diselenggarakan antara lain :
1. Jalan Sehat (peserta : masyarakat umum)
2. Lomba Cerdas Cermat Kader (peserta : kader posyandu)
3. Sumbang Mencari Bakat (peserta : usia 13-25 tahun)
4. Lomba Kreasi Isi Piringku (peserta : siswa SD kelas 4-5)
5. Lomba Poster Gizi Seimbang (peserta : 13-15 tahun)

Pameran Gizi dan Kesehatan merupakan puncak acara PKL (Praktik Kerja Lapangan) oleh mahasiswa Diploma Tiga (D3) dan Sarjana Terapan (D4) yang dilaksanakan selama 20 hari untuk D3 dan 32 hari untuk D4. Selama PKL berlangsung mahasiswa diharuskan untuk melakukan Keluarga Binaan pada balita atau ibu hamil yang mengalami masalah gizi diantaranya balita Bawah Garis Merah (BGM), balita yang tidak naik berat badannya selama 2x penimbangan posyandu (2T) dan ibu hamil dengan KEK (Kurang Energi Kronik) dan anemia. Adanya kegiatan Keluarga Binaan diharapkan dapat memperbaiki status gizi masyarakat ataupun dapat mengubah perilaku masyarakat menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Selain perlombaan diatas, pada Pameran Gizi dan Kesehatan terdapat 10 stand yang ikut meramaikan dan memberikan edukasi pada masyarakat yang hadir, diantaranya :
Stand 1 : Masalah Gizi di Kecamatan Sumbang
Stand 2  : 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan)
Stand 3  : Gizi Balita dan PMBA (Pemberian Makan Bayi dan Anak)
Stand 4  : Gizi Seimbang
Stand 5  : Teknologi Tepat Guna Pangan dan Gizi
Stand 6  : PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat)
Stand 7  : Pemeriksaan Kesehatan dan Konseling Gizi Gratis
Stand 8  : Gizi Anak Sekolah
Stand 9  : Potensi Desa
Stand 10 : Bazar Pakaian dan Makanan Murah

Dari 19 desa yang ada di Kecamatan Sumbang, Desa Kotayasa berkesempatan untuk mengisi stand Gizi Seimbang bersama dengan Desa Banteran. Stand ini membahas tentang 10 Pesan Gizi Seimbang pengganti slogan 4 Sehat 5 Sempurna yang sudah tidak lagi digunakan.

Stand Gizi Seimbang


Gizi Seimbang merupakan susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktivitas fisik, perilaku hidup bersih dan memantau berat badan secara teratur dalam rangka mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi seperti gizi kurang dan gizi lebih. Pesan utama yang ingin disampaikan dalam gizi seimbang adalah terdapat 4 bintang yang harus dipenuhi dalam satu kali makan, yaitu sumber karbohidrat (nasi, jagung, singkong, ubi, dll), sumber protein hewani (ikan, daging, telur, unggas, dll), sumber protein nabati (tempe, tahu, oncom, kacang-kacangan), sayur dan buah.
Pesan Isi Piringku


Dari kelima lomba diatas, Desa Kotayasa berhasil merebut juara pertama dalam perlombaan Kreasi Isi Piringku dan Poster Gizi Seimbang. Peserta Kreasi Isi Piringku diwakili oleh Anisa Tri Zabirah dan Rani Widianingrum yang merupakan siswi kelas 5 SDN 1 Kotayasa. Makanan yang disajikan dalam perlombaan adalah nasi putih dengan lauk hewani ayam goreng kuning, lauk nabati rolade tahu, sayur sop dan sate buah. Zabir dan Rani (panggilan akrab) berhasil mengalahkan 36 siswa siswi perwakilan dari 18 desa yang ada di Kecamatan Sumbang.

Lomba Kreasi Isi Piringku


Selanjutnya, juara satu lomba menggambar Poster Gizi Seimbang berhasil diraih oleh Atiq Mardhiyah siswi SMPN 2 Baturraden. Dhiyah (sapaan akrab) merupakan siswi yang biasa mengikuti perlombaan menggambar di sekolah sejak sekolah dasar. Para peserta lomba merasa senang dapat mewakili Desa Kotayasa dan menjadi pemenang dalam perlombaan yang diadakan dalam Pameran Gizi dan Kesehatan oleh mahasiswa Poltekkes Kemenkes Jakarta II.

Lomba Poster Gizi Seimbang




Tidak ada komentar:

Posting Komentar